Kamis, 23 Juli 2015

TEKNOLOGI SMART CARD

Smart card sering disebut sebagai chip card atau integrated circuit (IC) card . Definisi chip card sendiri yaitu kategori umum yang mencakup smart card dan memory card . Smart card adalah plastic card yang mengandung memory chip dan microprocessor. Kartu ini bisa menambah, menghapus, mengubah informasi yang terkandung.

Secara umum ada 3 jenis kartu SMARTCARD yang ada didunia, yaitu :
1. Memory Card, ini adalah jenis pertama yang dikenal orang dan digunakan pertama kali untuk kartu telepon. Jenis kartu ini menyimpan data yang telah di-preload oleh manufaktur, kemudian mesin pembaca akan mengurangi isi variabel yang disimpannya.
2. Microprosessor Card, kartu jenis ini dapat diprogram dengan bebas untuk keperluan apa saja. Hal ini dimungkinkan dengan adanya mikroprosesor dalam chip. Keterbatasaannya ada pada ukuran ROM yang dimiliki dan fungsi aritmatika yang masih sederhana.
3. Contactless Card, kartu jenis ini mentransfer data tanpa ada kontak elektrik antara kartu dan terminalnya. Dapat berupa memory card atau microprocessor card. Mengingat banyaknya manufaktur yang membuat smartcard maka perludibuatkan standarisasi skala internasional untuk memudahkan dalam pertukaran dan transfer data antara kartu-kartu buatan manufaktur tersebut.

Smartcard mempunyai format yang hampir sama dengan jenis kartu lain, misalnya kartu magnetik. Kartu ini mempunyai dimensi chip 85.6 mm X 54 mm. Semua jenis Smartcard memiliki chip dengan dimensi yang sama. Chip ini ditanam dalam plat plastik tipe ID-1 yang terbuat dari bahan PVC dengan tebal 0,76 mm sesuai standar ISO 7810. Selain plat ID-1 ada juga plat tipe ID-00 dan ID-000 dengan dimensi masing-masing 66,10 mm X 33,10 mm dan 25 mm.

Sumber :
http://nandarmahwanpalangkaraya.blogspot.com/2013/04/teknologi-biometric-dan-smartcard-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar