Kamis, 26 Maret 2015

MANFAAT TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK BISNIS

Augmented Reality (AR), sebuah teknologi komputer yang dapat menambah obyek tertentu di dunia maya di sekitar kita. Teknologi ini dapat diterapkan pada aplikasi Desktop, Web, hingga Mobile. Sayangnya, teknologi yang telah muncul sejak 6 tahun lalu ini masih belum dikenal luas di tengah masyarakat Indonesia, padahal negara kita adalah salah satu negara dari beberapa negara di dunia yang sedang mengalami perkembangan industri Teknologi Informasi yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir.
Penerapan teknologi AR ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa membuat bisnis makin berkembang, antara lain:
1.      Memberikan Informasi Lebih Banyak dan Lebih Rinci
Aplikasi yang menerapkan teknologi AR dapat menyampaikan informasi lebih lengkap dan lebih rinci tentang suatu obyek. Informasi ini dapat ditampilkan dalam bentuk tulisan teks, gambar, hingga video dan animasi 2D maupun 3D sekalipun. Dengan ini, calon pelanggan akan bisa mengetahui informasi suatu produk lebih cepat dan lebih jelas tanpa perlu bertanya-tanya dengan orang lain.

2.      Membuat Promosi Lebih Menarik
Teknologi AR juga mampu menyuguhkan tampilan yang interaktif dan menyenangkan. Karena masih belum banyak perusahaan yang menggunakan AR dalam promosinya, maka ketika ada perusahaan yang promosinya menggunakan AR akan dianggap sebagai promosi yang unik dan berbeda daripada promosi dengan cara-cara biasa. Hal inilah yang dapat menarik perhatian masyarakat lebih tinggi.

3.      Meningkatkan Brand Image
Pada saat ini masih banyak sekali orang yang menganggap teknologi AR adalah teknologi baru, maju, interaktif, dan menyenangkan. Selain itu ada juga yang menganggap pembuatan aplikasi AR ini membutuhkan biaya yang tidak murah, sehingga pasti akan beranggapan bahwa perusahaan yang menggunakan teknologi ini adalah perusahaan yang bonafit. Inilah hal-hal yang akan diingat oleh masyarakat apabila perusahaan menerapkan teknologi AR.

4.      Meningkatkan Penjualan

Apabila promosi berhasil berarti banyak orang yang mengetahui produk yang dipromosikan. Semakin banyak orang yang mengetahui juga akan memacu lebih banyak orang yang mau membeli. Jadi sudah jelas bahwa teknologi AR dapat meningkatkan penjualan, apalagi jika Brand Image semakin meningkat.

Review :
Secara umum, Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Fungsinya membuat kegiatan yang ada pada dunia maya dapat kita peragakan atau kita lihat pada dunia nyata. Sebagai contoh, adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang berlangsung.Menurut Ronald Azuma pada tahun 1997, Augmented Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar